Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

...

Mengenal Direct Box serta Manfaatnya

 Apakah Direct Box itu?




Pernah mendengar tentang Direct Box ?

Apa itu Direct Box ?

Pada postingan kali ini akan dijelaskan secara gamblang apa itu Direct Box, jenisnya, apa manfaatnya baik di studio maupun di atas panggung.   

Sip lanjut !!!

Direct Box via www.guitarcenter.com


Direct Box (DI box) adalah alat untuk menyalurkan sinyal dari gitar/efek/ampli yang sifatnya  unbalanced) ke mixer yang sifatnya (balanced). 

Selain itu DI box adalah alat untuk menyampaikan sinyal sebatas yang diperlukan gitar dan melakukan kompresi terhadap signal yang berlebihan ke FOH. Maka dari itu disebut direct injection.

Jenis Direct Box


Direct Box terbagi dalam pasif dan aktif. Perbedaan paling jelas adalah, yang satu membutuhkan daya dan yang satu tidak. 

DI pasif siap untuk langsung digunakan dan tidak membutuhkan daya eksternal. Just Plug and Play ! 

Sementara DI aktif membutuhkan daya eksternal untuk menjalankan sirkuit internal. DI aktif menggunakan daya  +48 v phantom power.  Jika daya phantom tidak tersedia, mereka dapat dioperasikan melalui baterai internal 9 volt. 

Namun, DI aktif dapat menerima berbagai jenis sinyal input, yang membuat mereka jauh lebih fleksibel daripada DI yang pasif.

Apa sih fungsi Direct Box?


DI Box (Direct Injection Box) berfungsi untuk Level Matching (impedansi matching).  Karena gitar dan mic punya level yang berbeda , maka akan disamakan dengan DI Box. 

DI Box merubah koneksi unbalanced -10dB menjadi +4dB. 

Sinyal unbalanced yaitu signal yg berasal dari sumber/instrument ber-impedance tinggi (1 megaohms) seperti: electric bass / gitar passive, tentunya jika menggunakan kabel jek instrumen.


Manfaat Direct Box di Panggung


Berfungsi untuk menguatkan sinyal yang dibawa kabel panjang (lebih dari 5 meter) , karena kabel seperti itu memuat sinyal yang tidak seimbang, bahkan minus atau kelebihan Db . Maka peran DI Box mem-filter hal semacam itu.


Manfaat  DI Box pada proses recording


Selain merubah sinyal, DI Box berfungsi capture 2 track. Capture data hasil todong mic dari ampli gitar, dan capture direct/suara original pickup gitar. 

Ini dimaksudkan supaya kita punya backup data. Karena terkadang saat mengolah mixing hasil todong mic mungkin kurang oke. Karena itu data dari suara asli gitar bisa digunakan. Mungkin untuk me-re amp lagi ke ampli lain, atau bisa pakai plug in ampli simulator.


Jadi, tentunya bagi yang ingin sinyal gitar nya kuat, sangat dianjurkan memakai direct box, agar sound yang dihasilkan optimal dan jernih stabil.

Semoga bermanfaat !

Penulis : Andrynyong

Back To Top type='text/javascript'/>