Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

...

10 Gitaris Dalam Negeri yang Harus Kalian Tau !

10 Gitaris Dalam Negeri yang Harus Kalian Tau !



Indonesia selama 100 Tahun (dari pra-merdeka sampai sekarang) menjadi lahan yang subur bagi hidupnya industri musik. Namun, dalam hal musik populer (format band) sejarahnya dimulai dari tahun 50an. 


Dari situlah muncul satu persatu gitaris yang piawai dalam memainkan gitarnya, menonjolkan karakternya, berkarya,  maupun menjadi Leader atas pembuatan sebuah musik. Siapa saja nama nama mereka ? Kita simak !


1. Andy (Tielman Brothers)




Gitaris Indonesia, gitaris hebat, gitaris terbaik, gitaris, andy tielman
Andy Tielman 

Musik Rock n Roll memang merajai dunia karena Elvis Persley di  Amerika. Namun, Indonesia punya band Rock n Roll underrated yang tidak banyak orang tahu, yaitu Tielman Brothers. 

Sekelompok remaja asal Timor ini memulai karirnya di tahun 50an membawakan genre rockabilly ala Indonesia, atau biasa disebut Indo Rock. Andy Tielman merupakan gitaris dan vokalisnya, seorang frontman Tielman Brothers. Mengapa Andy harus diketahui ? 

Karena Andy sangat terampil dan atraktif dalam teknik gitar dan aksi panggungnya. Jauh sebelum Jimi Hendrix, Andy sudah memainkan gitar secara tidak wajar, yaitu menggunakan gigi, kaki, dibalik dipunggungya, tapping , dll. 

Musisi yang sejawat saat itu sangat mengakui ketrampilan nya,  yang membawa Tielman Brothers hijrah ke Belanda untuk berkarya. Ini mampu meluruskan sejarah, bahwa Indonesia dari dulu sudah memproduksi musisi berkualiatas.



2. Titiek AR (Dara Puspita)



Gitaris Indonesia, gitaris hebat, gitaris terbaik, gitaris, titiek AR,
Dara Puspita


Pernah denger Dara Puspita ? Kalau lagu Surabaya pernah denger ? Nah. Itu lagu hits nya Dara Puspita. Band yang digawangi 4 perempuan di tahun 60an ini membawakan genre British Rock ala Beatles dan Rolling Stones. 

Titiek A.R ini adalah Gitaris, Vokalis, sekaligus leadernya Dara Puspita. Dia piawai dalam merangkai isian melodi yang enak didengar,  contohnya di lagu Surabaya dan Pesta Pak Lurah. Bayangkan saja, di tahun 1960 yang apa apa serba sulit sudah ada gitaris perempuan , main gitarnya bagus lagi !



3. Jack Lesmana



Gitaris Indonesia, gitaris hebat, gitaris terbaik, gitaris, Jack lesmana, Indra Lesmana
Jack Lesmana dan Indra Lesmana


Semua pasti sudah menduga kalau beliau merupakan ayahanda Indra Lesmana, musisi Jazz ternama di negeri kita. Memang benar, Jack Lesmana adalah gitaris jazz tradisional yang banyak menginspirasi gitaris jazz era sekarang. 

Kiprahnya di Era 50-60an juga menjadi perhatian Presiden Soekarno, bahkan berkolaborasi dengan progam pemerintah mempopulerkan Irama Lenso, musik asli Ambon (Irama Latin nya Indonesia). 

Jack Lesmana sudah selangkah didepan kita semua, permainan gitarnya seakan bukan berada di zaman nya. Lick jazz berpadu tone Hollow Guitar yang dipakai sangat kental di semua musik yang ia buat. Beliau berjasa membawa jazz populer di Indonesia.



4. Soenatha Tanjung (AKA,SAS)



Gitaris Indonesia, gitaris hebat, gitaris terbaik, gitaris, Soenatha Tanjung
Soenatha Tanjung

Semua media Indie sudah santer mengukuhkan AKA Band sebagai band Rock terganas di tahun 70an. Semua fokus pada frontman nya yaitu Ucok Harahap (Vokalis , Keyboardist) , namun lupa pada ganas nya distorsi yang dihasilkan Soenatha Tanjung (Gitaris) . 

Mungkin di AKA , beliau kebanyakan mengisi groove nya dengan Fuzz tone. Namun saat di SAS, pada album kedua beliau sudah memperlihatkan "taring" nya. Coba dengarkan saja Riff Gitar di Baby Rock (SAS), seakan Jimmy Page menjelma jadi WNI di tahun itu. 



5. Ireng Maulana 



Gitaris Indonesia, gitaris hebat, gitaris terbaik, gitaris, Ireng Maulana
Ireng Maulana

Berpacu dalam Melodi ! Anda pasti akan senang dan menunggu theme song pembuka dan penutup acara ini. Ya, musik yang dibawakan adalah hasil dari Ireng Maulana berkarya. 

Itu yang paling Hits, selain itu Ireng Maulana juga produktif dalam melahirkan Album Solo nya. Beliau gitaris jazz yang sekolah jauh ke City Line Guitar Centre (Amerika) dan Konijnklijk Conservatorium mendalami gitar klasik. Penerapanya , Ireng suka menggabungkan unsur gitar klasik dengan root jazz. 

Jadi anda semua harus tahu, gitaris Indonesia banyak yang tekun mendalami gitar sampai ke Luar negeri demi mencapai sebuah tujuan.



6. Ian Antono (God Bless)



Gitaris Indonesia, gitaris hebat, gitaris terbaik, gitaris, Ian Antono
Ian Antono

Nah kalau yang satu ini pasti pada setuju kalau beliau harus diketahui semua gitaris di Indonesia. Banyak gitaris terinspirasi olehnya, karena konsisten, fokus, dan kepiawaian nya di dunia musik. God Bless tanpa Ian Antono hanyalah harimau tanpa tulang belakang. 

Bintang Rock 80-90an banyak yang dihasilkan oleh Beliau, seperti Nicky Astria , Gito Rollies, Ikang Fauzi, Iwan Fals, dll. Ini membuktikan, sebagai seorang gitaris, ia mampu meramu komposisi lagu secara dinamis dan bermutu. 





7. Eet Sjahranie



Gitaris Indonesia, gitaris hebat, gitaris terbaik, gitaris, Eet Sjahranie
Eet Syahranie

Konsep berantakan, ndugal, cadas, sangat melekat pada band Edane. Band era 90an ini memaksa pendengarnya untuk melihat bahwa Indonesia bukan negara yang lemah. 

Berontak dan berantakan nya Edane di inisiasi oleh gitarisnya yaitu Eet Syahranie. Dengan Gibson SG, sound yang dihasilkan ala Angus Young  (ACDC) namun lebih dark / pekat. Eet memang tidak diragukan lagi kalau bicara shread dan setting sound nya. 

Pada semua rekaman Edane, Eet slalu memikirkan matang dalam meramu sound gitarnya. Maka hasilnya jelas tidak bisa di tiru oleh gitaris lain. Itulah keistimewaan dia. 



8. Dewa Budjana



Gitaris Indonesia, gitaris hebat, gitaris terbaik, gitaris, dewa bujana
Dewa Budjana

Gitaris paling produktif dan visioner di Indonesia. Silahkan baca semua artikel di internet, sudah banyak yang mengulas hehehe. Karakter? Yin Yang. 

Dikala idealis seorang gitaris terhambat karena pola pikir industri, maka ia hanya sedang tersesat tak menemukan cara. Dewa Budjana berhasil membuktikan bahwa populer tidak selamanya mengubur idealis. 



9. Eross Chandra



Gitaris Indonesia, gitaris hebat, gitaris terbaik, gitaris, Eross Candra
Eross Candra

Tau Sheila on 7 ? Ya. Itu sudah cukup untuk menggambarkan karakter mas Eross, gitaris panutan yang diulik apa saja pedalnya,finger tone nya, gitarnya, dan style bermain nya dari zaman 1999 sampai zaman now. Tidak diragukan lagi.



10. Lale (Maliq D'Essential)

Gitaris Indonesia, gitaris hebat, gitaris terbaik, gitaris, Lale, Maliq D'Essential
Lale ( Maliq D'Essential )



Kaget ? Hehe..
Ibarat bangunan, Lale adalah desain interior yang handal. Dia punya cita rasa dan referensi yang luas. Maka tercipta musik RnB nan futuris seperti di Maliq D'Essential dan HiVi!. 

Lale suka menggabungkan nuansa vintage dan futuristik, sehingga memberikan warna baru dikancah Industri negeri ini. Memang sih, isian gitarnya tidak mendominasi. Namun itulah genius nya dia, dia memegang prinsip Tut Wuri Handayani. 

Di belakang, namun memegang seluruh ide-ide nya. Mulai dari penciptaan hingga teknologi rekam nya, selain sebagai gitaris, Lale seperti harapan baru bagi musik Pop Indonesia yang lebih bermartabat. 


Itulah 10 Gitaris yang kamu harus ketahui versi saya. Tolak ukur ini di ambil dari karya, karena karya adalah cermin dari karakter kehebatan seorang musisi, apalagi gitaris. 

Gitaris yang hanya bisa teknik tercepat, main dengan 5 Neck, membakar gitar, cover lagu orang, adalah kurang layak sebagai panutan . Dikarenakan karya yang berbicara, bukan gimmick kita agar memecahkan record dunia dan sebagai nya. 

Kenalilah, Indonesia tidak akan mencapai karakternya sendiri jika kita tidak mempunyai karya yang patut dibanggakan.


 Jaya terus gitaris Indonesia!!!!

Penulis : Andrynyong

sumber image :

http://indiejakarta.com/files/andy_tielman.jpg

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjJYCZhY9bQVzoBYD-mBzUCF7-PwC1T6FI4SVcPqEucKG5wechk2KZ-13gajugx0QOvfEH85ty4SpdzBK7aXT-6ZqggeH7WR11BOFiV9n0rM7_bc0zw5mDbEUds9f3UTjVUWd0K04MuETI/s1600/Dara+Puspita.jpg

http://cdn2.tstatic.net/jogja/foto/bank/images/jack-lesaman-dan-indra-lesmana_20171018_095230.jpg

http://4.bp.blogspot.com/_19j87EQervM/SyrfmfgmgcI/AAAAAAAAEXE/hf60awBbZIs/s400/REK+Soenatha+Tanjung+(8).JPG

https://img.okezone.com/content/2016/03/06/205/1328836/penyebab-ireng-maulana-meninggal-dunia-LiiPYbLJRl.jpg

http://mediaindonesia.com/thumbs/600x400c/news/2017/01/hal-12-ian-antono-14-bary-utama.jpg

http://cdn.metrotvnews.com/dynamic/content/2015/04/30/392676/aSvWXRkIFQ.jpg?w=650

https://dapurletter.id/wp-content/uploads/2017/10/dewabujana.jpg

http://www.damniloveindonesia.com/image/catalog/explore_indonesia/Artikel/People/eross_candra/eross_candra_090.jpg

http://www.unisifm.com/wp-content/uploads/2014/07/Bikin-Proyek-Bareng-Ilman-Nino-RAN-Lale-Maliq-D-Essentials-Ini-Proyek-di-Balik-Layar_haimobile650x431.jpg
Back To Top type='text/javascript'/>