Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Pentingnya Melakukan warming up sebelum latihan

Pentingnya Melakukan warming up sebelum latihan



Pentingnya Melakukan warming up sebelum latihan - Hal yang tak kalah penting dalam elemen berlatih gitar adalah bagian warming up atau pemanasan. Cedera dalam berlatih gitar bisa berupa rasa sakit pada jari-jari anda karena mungkin kali langsung ngebut ketika memegang gitar. 

Penting untuk diingat bahwa jari-jari kita tidak selalu digunakan untuk bergerak sehingga otot-otot jari kita mungkin saja masih kaku sehingga ketika kita memaksakan untuk langsung bekerja keras, otot-otot tersebut bisa saja mengalami kejutan yang memungkinkan anda cedera. 


gitar, lesson, tips, warming up, senam jari, kata mutiara, kata bijak, kata bijak gitar


Seperti halnya para atlet yang selalu melakukan pemanasan sebelum berlatih dan hal ini mutlak di lakukan oleh para gitaris.

Warming up sendiri tidak berfokus bagaimana jari-jari anda bermain di atas fretboard atau sinkronisasi antara tangan kiri dan kanan tetapi pemanasan sebelum hal itu juga perlu di perhatikan. 

Anda bisa melakukan senam-senam kecil seperti video instruksional John Petrucci - Rock Displine seperti di bawah ini.




Menurut Petrucci, tidak hanya jari saja, elemen lain seperti bahu dan lengan juga perlu kita lemaskan terlebih dahulu.

Ketika anda ingin memulai berlatih jangan terlalu terburu seperti kata pepatah "takkan lari gunung di kejar". Sebisa mungkin untuk selalu berlatih dengan menggunakan metronome dan aturlah temponya dari yang pelan.


Perlu diingat jangan sampai menyakiti jari-jari anda karena bisa berakibat anda malah tidak bisa melanjutkan latihan inti pada gitar anda.

Berikut ini salah satu video tentang warming up, ini seperti pijat-pijat kecil sebelum berlatih !

Essential Hand stretches for Guitarist


Setelah warming up dengan pijat memijat terhadap jari Anda, baru kemudian melakukan warming up di atas fret gitar Anda. 

Kalian bisa mencoba melakukan pemanasan dengan melakukan senam jari di fretboard. Hal yang paling umum dilakukan para gitaris adalah menggunakan kromatik scale.


Selain kromatik scale kita juga bisa menggunakan teknik variasi Anda bisa berlatih menggunakan major scale. Di bawah ini saya mensharingkan video senam jari dengan C mayor scale dengan variasi 3 not per senar dan 4 senar per senar.





Jika kalian tertarik dengan video di atas kalian bisa mendownload TAB nya pada 
Q : "Berapa lama durasi warming up?"

Tidak ada patokan untuk hal ini, ketika Anda punya waktu latihan yang lama Anda bisa warming up 10-15 menit bila tidak Anda dapat dipersingkat menjadi 5 menit. 

Misalnya kalian ingin hari itu fokus di latihan tapping maka lakukan sedikit lebih lama di bagian ini. 

Kalian bisa melihat contoh tapping gitar yang mungkin bisa Anda gunakan bila menggunakan tapping arpeggio sebagai latihan intinya.

Sekian dulu ulasan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat. Bila Anda mempunyai metode warming up yang lain, kritik serta saran, Anda bisa meninggalkan komentar.

Salam Slashkiss!


Back To Top type='text/javascript'/>