Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Pekerjaan Rumah seorang gitaris

Pekerjaan Rumah seorang gitaris



belajar gitar, best tips, Gitaris, teknik belajar gitar, tips bermain gitar, motivasi belajar gitar,
Ilustrasi

Sore kemarin, salah seorang siswa saya bertanya,"Pak, yang latihan soal ulangan tengah semester itu PR atau bukan?" Saya kontan menjawab, "Kamu kerjain aja. Selalu ada PR bagi orang yang mau belajar." Kalimat terakhir ini tidak pernah saya rancang sebelumnya. Saya lantas merenungi lagi kalimat ini, "Selalu ada PR (Pekerjaan Rumah) bagi yang mau belajar." Kalau melihat ke belakang dan mencoba menggambarkan kembali perjalanan belajar gitar saya selama ini, maka ini merupakan sebuah bentuk refleksi sederhana saya. Ya, berangkat dari belajar mandiri secara otodidak berarti saya setiap hari harus mencari bahan dan berlatih di rumah. Berlatih tanpa ada paksaan dan selalu mencari sesuatu yang baru inilah merupakan salah satu pekerjaan rumah yang berat. Nah, kira-kira apalagi yang menjadi pekerjaan rumah bagi teman-teman gitaris? Berikut saya mencoba sharing pengalaman saya.

#1 Mencari sumber belajar baru


Poin pertama yang menjadi pekerjaan rumah kita adalah mencari sumber belajar baru. Percaya atau tidak, satu sumber belajar tidak akan cukup untuk belajar karena cepat atau lambat akan MEMBOSANKAN. Tapi dimana saya menemukan sumber belajar itu? BANYAK ! Kamu bisa mencari lewat google atau youtube. Di sana ada ribuan situs belajar yang bisa kalian coba bahkan asyiknya kalian bisa belajar langsung dari para dewa gitar. Bukan bermakud meremehkan tempat kursus atau les kalian, belajar dari para gitaris papan atas jauh lebih kerenkan. Caranya bagaimana? Coba cari di google atau youtube, temukan teknik gitar yang ingin kalian pelajari dan nanti otomatis kalian akan melihat banyak sekali website atau halaman situs yang membahas itu. Khusus video youtube, kalian bisa melihat link websitenya di kolom deskripsi. Bila kalian mengunjungi blog atau situs tertentu kalian bisa berlangganan via email untuk mendapatkan update terbaru dari setiap postingannya. Kalian bisa mendapatkan info seputar album, TAB, lick, tips gitar, dll. 
Jadi cobalah memanfaatkan lebih jauh internet untuk menunjang belajar kalian. Ini adalah salah satu revolusi cara belajar masa kini untuk mencari sumber belajar baru. (by sergius leski)
Ini adalah pekerjaan rumah gitaris yang pertama !

#2 Belajar teknik baru


Pekerjaan rumah gitaris yang selanjutnya adalah mempelajari teknik baru. Bermain dengan teknik gitar dan lick itu-itu saja MEMBOSANKAN bukan? Oleh karena itu perlu mengupgrade teknik gitar juga. Ini merupakan lanjutan dari poin pertama di atas, belajar menemukan sumber belajar baru memungkinkan kalian untuk menemukan teknik baru yang bisa kalian pelajari. Kemarin saya sempat melihat salah satu video gitaris salah satu band besar di Indonesia yang banyak dikritiki oleh para pengunjung internet. Di sana banyak yang bilang kalau tekniknya membosankan, kurang eksplorasi, temponya kurang pas dan sederetan komentar negatif lainnya. Mungkin ini adalah salah satu gambaran bahwa sekarang kita tidak bisa duduk nyaman dengan lick-lick manis pentatonik yang monoton tanpa variasi lick-lick lain karena cepat orang akan menilai itu membosankan.
Jadi belajar teknik baru tidak hanya menghilangkan kebosanan bermain gitar tapi juga membuat permainan kita bervariasi dan bisa bersaingan dengan gitaris lain dalam hal teknik. Tidak mau kan, kalau kita teknik kita kalah dari teknik anak belasan tahun. ^_^ (by sergius leski)
Ini adalah pekerjaan rumah gitaris yang kedua !

#3 Tetap konsisten berlatih


Konsisten mungkin kata yang mudah diucapkan tapi tak mudah dipraktekkan terlebih kalau memang pekerjaan kita bertolak belakang atau mungkin tidak nyambung dengan hobi kita bermain gitar. Kalau masih di usia sekolah mungkin hal ini tidak terlalu terasa karena tak punya kesibukan berarti tapi kalau sudah kerja bakalan lain ceritanya. Contohnya saya sendiri seorang guru matematika, sementara saya yang sangat hobi bermain gitar. Tantangan saya adalah harus konsisten berlatih gitar sebab kalau tidak skill saya akan menurun dan mungkin bisa mati sama sekali. Oleh karena itu saya harus mencari bagaimana caranya agar tetap konsisten berlatih. Kemarin saya menemukan salah satu video di youtube tentang bagaimana berlatih gitar selama 15 menit setiap hari bagi orang yang sibuk. Di sana dikatakan ada 3 poin penting yang bisa kita latih selama 15 menit per hari jika kita memang tak punya waktu banyak untuk bermain gitar yaitu fingering, berlatih teknik dan ear tranning atau melatih pendengaran masing-masing dengan durasi 5 menit.
Konsisten itu bukan berarti berlatih berjam-jam setiap hari tapi konsisten berlatih itu adalah kesinambungan berlatih SETIAP HARI kendati hanya 15 MENIT PER HARI ! (by sergius leski)

#4 Menciptakan karya


Ada banyak gitaris hebat di lingkungan kita dengan berbagai macam teknik yang bisa dimainkan dengan fasih tapi kok belum ada karya yang bisa dibanggakan? Pertanyaan besar dan pekerjaan rumah yang berat ada di sini. Bayangkan berlatih sekian tahun tapi tanpa sebuah karya itu seperti raja tanpa mahkota. Mencipta adalah seni tingkat tinggi dimana ada 12 nada yang harus kita olah sedemikan rupa sehingga menjadi sebuah karya. Menurut saya puncak seni tertinggi seorang seniman terletak pada karyanya. Bagi saya menciptakan sebuah karya tidak selalu menggunakan teknik tingkat tinggi dan bagus tidaknya menurut orang lain tapi lebih kepada representasi diri kita dengan segala emosi dan teknik yang kita kuasai. Berkarya merupakan proses belajar, kita bisa melihat dan belajar dari pengalaman dari yang sudah-sudah.
Jika tiap hari kita bisa menciptakan satu lick saja maka satu bulan kita bisa menciptakan 30 lick. Jangan terfokus pada apa yang orang katakan tapi fokus pada apa yang kita rasakan. (by sergius leski)

#5 Menghasilkan atau mendatangkan pendapatan


Saya masih teringat bagaimana merasakan dilema dan mungkin dilema ini masih ada sampai saat ini, yaitu bagaimana menghasilkan sesuatu dari bermain gitar. Ini adalah tantangan dan menjadi pekerjaan rumah yang bisa jadi menyita perhatian dan pikiran kita walaupun tidak mutlak karena banyak yang melakukannya sebagai hobi semata. Tapi kita tentu senang kalau punya penghasilan dari hobi yang dilakoninya. Sebenarnya banyak cara menghasilkan pendapatan dari sini, bisa saja menjadi session player, menjual album, menjadi guru les, membagikan tutorial di youtube, atau bahkan sharing gitar seperti yang saya lakukan di blog ini. 
Selalu ada cara untuk kita hidup dari sesuatu yang kita cintai. Pertanyaannya bagaimana cara kita memanfaatkannya sehingga akhirnya menghasilkan / mendatangkan pendapatan (by sergius leski)

Mungkin hanya 5 poin ini yang bisa saya sharingkan kali ini, mungkin ada teman yang ingin menambahkan? Silahkan share pada komentar di bawah ini.

salam Sergius Leski

sumber ilustrasi 
Back To Top type='text/javascript'/>