Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

...

6 tips cara bermain gitar tanpa melihat chord



6 tips cara bermain gitar tanpa melihat chord



Halo teman-teman, apa kabar semua? Lama tidak menulis tentang tutorial gitar. Kali ini saya ingin mencoba membagikan bagaimana cara bermain gitar tanpa melihat chord? Tentu teman-teman pernah melihat ada orang yang bermain gitar tanpa melihat gitar dan mata nya tertuju pada kita. Apakah jari-jari mereka ada mata sehingga mereka bisa tahu dimana posisi chord pada gitarnya. Hebat bukan? Tetapi kita juga bisa melakukan itu. Penasaran? Silahkan lanjut membaca.



Berikut langkah-langkah yang dapat kalian coba.

chord dasar, tips bermain gitar,

#1 Tahu chord dasar


Sebelum melangkah bermain gitar tanpa melihat chord otomatis harus tahu dulu chord dasar. Chord dasar pada gitar adalah hal paling dasar dan mutlak harus dikuasai ketika belajar bermain gitar. Bila kalian belum tahu bentuk chord dasar silahkan baca postingan sebelumnya di sini dan pastikan Anda benar-benar menguasainya. 

#2 Hafal  Chord Lagu


Berikutnya yang tidak kalah penting adalah Anda harus hafal chord lagu. Lagu pop yang lagi booming dipasaran saat ini biasa nya terdiri dari beberapa chord-chord yang diulang dan mudah untuk diingat. Oleh karena itu, sebelum menerapkan cara di atas ada baiknya hafal dulu progresi lagunya ya!

#3 Pejamkan mata


Ketika sudah hafal chord dari lagu yang ingin Anda bawakan, cobalah bermain dengan mata tertutup. Biarkan Anda fokus dengan posisi jari pada chord tertentu. Pikirkan dan bayangkan bagaimana posisi setiap chordnya. Saya rasa ketika Anda sudah menguasai kedua poin sebelumnya, masuk ke tahap ini sedikit lebih mudah. Cara ini juga dapat membantu Anda meningkatkan konsentrasi.

#4 Bermain dalam gelap


Langkah ini hampir sama dengan poin nomor 3. Bedanya yang ini lebih sulit. Mengapa? Karena sekalipun Anda membuka mata, Anda tidak dapat melihat apa-apa. Jadi ketika sampai pada tahap ini, bisa dibilang sudah hampir sampai ke tujuan kita untuk bisa bermain gitar tanpa melihat chord.

#5 Latihan di depan cermin


Mungkin ini bisa di bilang cara yang narsis tetapi ada manfaatnya lho jadi tidak cuma mengagumi wajah Anda. (^_^) Coba lah bermain gitar sambil bercermin, lihatlah bayangan Anda di cermin. Anda dapat melihat bagaimana posisi jari-jari Anda berpindah dari chord yang satu ke chord yang lain melalui bayangan yang terpantul dari cermin.

#6 Perbanyak porsi latihan


Nah, tips terakhir adalah "Perbanyak porsi latihan Anda". Bermain gitar adalah termasuk bentuk keterampilan. Jadi semakin sering dilatih semakin baik.

Sekian dulu pembahasan tentang 6 tips cara bermain gitar tanpa melihat chord kali ini, semoga bermanfaat.
Back To Top type='text/javascript'/>