Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

4 cara melatih tehnik speed gitar menggunakan Guitar Pro

4 cara melatih tehnik speed gitar menggunakan Guitar Pro - Halo teman-teman semua, pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman saya tentang bagaimana berlatih speed menggunakan guitar pro. Software ini tidak hanya menjadi teman bagian dari pencapaian teknik-teknik saya sejauh ini khususnya dalam belajar tehnik speed.

Sebelum masuk ke tahap ini ada baiknya kita tahu dulu bagaimana membaca tabulature pada guitar pro agar kita mudah memahaminya. Baca postingan saya tentang bagaimana membaca tabulature di guitar pro. Bagi yang belum memiliki software guitar pro ini, silahkan download software guitar pro terlebih dahulu.

Untuk kali ini, saya akan memberi contoh menggunakan tabulature lagu dari Chris Impellitteri "17 Century Chicken Picking "

Ada 4 cara/langkah kita agar bisa melatih lagu ini dan juga lagu-lagu dengan teknik speed lain. 

Berikut cara-caranya :

1. Menyesuaikan Tempo
Menyesuaikan tempo di sini maksudnya kita mengatur tempo sesuai dengan kemampuan kita. Pada tabulatur lagu ini menggunakan tempo 230bpm. Kita dapat mengubahnya sedikit lebih pelan dengan fungsi tempo seperti yang di tunjukkan pada gambar.
belajar gitar, guitar pro 5.2, teknik bermain speed,

Pada gambar, nomor 1 menunjukkan icon "Tempo" sedangkan nomor 2 adalah tempat dimana kita ingin mengubah tempo kita. Untuk permulaan, gunakan tempo yang pelan terlebih dahulu.

2. Menerapkan koefisien pada tempo
Kalau pada poin pertama kita harus repot-repot mengubah tempo dengan memasukkan angka yang kita ingin dengan cara ini kita cukup mengklik icon dimana kita langsung bisa menentukan dengan kecepatan berapa kita akan gunakan. Untuk lebih memahaminya perhatikan gambar di bawah ini !
belajar gitar, guitar pro 5.2, teknik bermain speed,

Pada gambar, nomor 2 memberi kita pilihan untuk dengan koefisien berapa yang kita akan gunakan. Paling rendah di tunjukkan dengan x0.25 sedangkan paling tinggi x2.00. Perhatikan bahwa x2.00 berarti kecepatan lagu menjadi 2x lebih cepat sehingga maksimal menggunakan menu ini sampai pada angka x1.00.

3. Menggunakan simple loop
Menggunakan fungsi loop dibagi menjadi dua yaitu simple loop dan speed trainer. Fungsi loop ini sendiri berfungsi untuk mengulang bagian yang kita inginkan. Untuk simple loop ini kita mengulang bar yang sudah kita blok terlebih dahulu sesuai dengan tempo yang ada.
belajar gitar, guitar pro 5.2, teknik bermain speed,
Untuk mengaktifkan menu ini kita bisa menggunakan fungsi F9 pada keyboard atau langsung mengklik icon yang ditunjukkan dengan nomor 2. Fungsi ini akan mengulang bar yang kita blog tadi secara terus menerus. Jadi, pastikan atur tempo lagu agar pelan terlebih dahulu.

4. Menggunakan speed trainer
Hampir sama dengan simple loop yang berfungsi untuk mengulang bagian yang kita inginkan. Bedanya, speed trainer ini fungsinya benar-benar melatih speed kita. Untuk lebih jelas lihat gambar di bawah ini.
belajar gitar, guitar pro 5.2, teknik bermain speed,

Setelah kita memblok bar yang kita inginkan (banyaknya bar yang diblok terserah), caranya sama seperti kita masuk ke menu simple loop tetapi kali ini kita memilih menu Speed Trainer. Di sana ada tempo yang bisa kita menggunakan  50% tempo asli sampai tempo 100% (sesuai tempo asli pada lagu). 

Kita juga dapat menambahkan berapa persen kenaikan tempo setiap pengulangan sehingga setiap pengulangan tempo yang diberikan semakin bertambah. Kita tidak perlu lagi bolak balik mengatur temponya karena secara otomatis akan naik secara sendirinya. Misalnya kita ingin menambahkan kenaikan 2% pada setiap pengulangannya maka dengan sendirinya tempo akan naik menjadi 52% ke 54% lalu 56%, dst. Cara pengaturannya ditunjukkan dengan nomor 5 pada gambar di atas.

Bila kita ingin menonaktifkan menu ini kita langsung saja mengklik lagi icon loop tersebut dengan fungsi F9 pada keyboard.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Inti dari latihan di atas adalah berlatih speed itu melalui tingkatan-tingkatan dan yang terpenting mulai dari yang pelan terlebih dahulu. Kita bisa memilih menggunakan keempat poin yang atas. Saya lebih menyarankan poin nomor 4 dimana kita benar-benar bisa berlatih dengan kenaikan tempo yang telah kita atur sebelumnya. 

Nah, itulah 4 cara melatih teknik speed gitar menggunakan guitar pro yang sering saya gunakan selama ini. 

Saya rasa postingan kali ini cukup sampai disini dulu. Sampai ketemu pada postingan berikutnya.

Back To Top type='text/javascript'/>