Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

...

Ngulik Chord Gitar Lagu Secangkir Kopi

Gaess, pernah denger lagu Secangkir Kopi? Ini lho, lagu klasik yang sukses bikin banyak musisi terinspirasi di blantika musik Indonesia. Karya masterpiece Pance Pondaag ini pertama kali nongol di tahun 1983 dan sampai sekarang masih asik buat didengerin. 

Nah, di artikel kali ini, kita bakal keliling dunia lagu Secangkir Kopi, mulai dari cerita di balik lagunya, chord gitar yang dipake, sampe gimana cara interpretasi liriknya. Plus, kita juga bakal kasih tahu dimana kamu bisa belajar lebih lanjut lewat online dan video-video kece. Kita juga ngga lupa loh, ngulik pengaruh lagu ini buat musik Indonesia. Yuk, langsung aja kita cekidot sejarah dan cerita di balik lagu Secangkir Kopi.

Sejarah Lagu Secangkir Kopi

Secangkir Kopi, bukan cuma sekedar lagu, tapi juga cerminan dari kejeniusan Pance Pondaag, salah satu musisi papan atas Indonesia. Muncul di tahun 1983, lagu ini langsung meledak dan jadi salah satu track andalan yang bikin nama Pance makin dikenal. Dengan lirik yang dalem banget, lagu ini berhasil ngegambarin perasaan rindu yang menggelayut di hati seseorang kepada kekasihnya yang udah ga ada. Kesedihan dan kesepian yang dirasain bisa banget kita rasakan lewat bait-bait liriknya yang puitis abis.

Chord Gitar Lagu Secangkir Kopi

Kali ini kita bakal bahas chord gitar yang dibutuhkan buat mainin lagu Secangkir Kopi. Ga perlu khawatir, kita bakal kasih tau chord-chord yang kamu butuhin plus diagramnya biar kamu bisa langsung praktik. Siap-siap ya, buat kamu yang pengen nambahin lagu ini ke daftar main gitar di kumpul bareng atau cuma pengen seru-seruan sendiri di rumah. Stay tuned!

[Intro] Am-D-F-Am
        F-G
        Am-B-C-F G-Am


             Am-F          Am
Bagaimana aku...kan betah di rumah
                Am-F             Am
setiap pulang kerja..engkau tiada
            E
Jangankan..menyambutku..
                 F
Dengan senyum manismu.
        G-F                   Am
Secangkir kopi..pun tak tersedia
 Am-G-Am
hoo..hoo..hoo..

           Am-F               Am
Suami yang mana...yang tak akan marah
           Am-F                Am
bila makan dan tidur...selalu sendiri
                E-F                                                    
Jangankan menemani...dengan kemesraanmu..
         G-F                     Am
bicara saja....seakan tak mau
  Am-G-Am
hoo..hoo..hoo..

[Musik] Am-G-G-Am-G-F-E
        Am-G-G-Am
        Am-Em-Am (2x)
        Am-B-C-F G-Am

[Reff]
              Am-G
     Ku pulang malam...karena tak tahan
            Dm-C                Am-Am-F-Am
     Mencari hiburan...di luar rumah...
             Am-G
     Salahkah aku...dosakah aku..
            Dm-C             Am
     Bila diriku...tak lagi setia..
          G-F               Am
     Semua..ku lakukan..untuk pelarian
            G-F          Am
     Agar...engkau sadar..istriku Sayang...

            Am-F                   Am
Bagaimana aku...kan betah di rumah
               Am-F               Am
setiap pulang kerja....engkau tiada
                 E
Jangankan..menyambutku
                   F
Dengan senyum manismu
        G-F                  Am
Secangkir kopi....pun tak tersedia
 Am-G-Am
hoo..hoo..hoo..

[Musik] Am-G-G-Am-G-F-E
        Am-G-G-Am
        Am-Em-Am (2x)
        Am-B-C-F G-Am

Kembali ke Reff

              Am-F                    Am
Bagaimana aku...kan betah di rumah
                Am-F               Am
setiap pulang kerja....engkau tiada

Am-F-G-Am
Ha...Aaa..Aaa..Aaa..
 

Makna di Balik Lirik dan Chord Secangkir Kopi

Bicara soal Secangkir Kopi, ngga lengkap rasanya tanpa nyelam lebih dalam ke dalam lirik dan chord yang digunakan. Di bagian ini, kita bakal ngobrolin gimana sih makna dari lirik yang ditulis sama Pance Pondaag dan kenapa chord-chord tertentu dipilih buat menemani lirik tersebut. Dari sini, kita bisa dapetin gambaran lebih jelas tentang pesan yang pengen disampaikan oleh sang maestro melalui lagunya yang iconic ini.

Untuk kamu yang pengen lebih jago mainin lagu Secangkir Kopi atau sekedar ingin paham lebih dalam tentang lagunya, tenang aja, banyak kok sumber belajar online dan video tutorial yang bisa kamu cek. Di bagian ini, kita bakal kasih rekomendasi beberapa tempat dimana kamu bisa belajar chord, melodi, sampe teknik nyanyi yang pas buat lagu ini. Dari tutorial YouTube sampai tab gitar online, semuanya bisa jadi teman belajar kamu.

Penutup

Ngomongin tentang pengaruh, Secangkir Kopi itu bukan sekedar lagu biasa. Di bagian ini, kita bakal ngulik gimana sih lagu ini bisa punya impact yang besar banget di industri musik Indonesia. Kita bakal lihat bagaimana lagu ini ngga cuma menginspirasi musisi-musisi lain, tapi juga gimana lagu ini berkontribusi dalam mengembangkan genre musik di tanah air. Plus, kita juga bakal coba ngertiin kenapa sampai sekarang lagu ini masih relevan dan dicintai banyak orang.

Setelah ngulik dari sejarah sampe pengaruh lagu Secangkir Kopi, semoga kita bisa lebih menghargai karya legendaris ini. Artikel ini udah bawa kita jalan-jalan mengenal lebih dekat dengan lirik, chord, dan pesan yang ingin disampaikan lewat lagu ini. Plus, dengan sumber belajar dan video yang kita bahas, semoga bisa makin memudahkan kamu untuk mendalami dan memainkan lagu ini. Secangkir Kopi, dengan segala keindahan dan kedalamannya, tetap akan menjadi salah satu permata di dunia musik Indonesia yang tak lekang oleh waktu.

Tag : chord gitar
Back To Top type='text/javascript'/>