Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

...

Belajar Pentatonik Scale (part 2)

 Belajar Pentatonik Scale (part 2)


Membahas tentang pentatonik scale tidak akan pernah ada habisnya. Scale ini merupakan salah satu scale sejuta gitaris (karena berlaku untuk para gitaris saja) memang dari dulu sudah dipakai hampir disemua genre musik.

Beberapa tahun silam saya juga pernah membagikan tutorial belajar pentatonik scale ini di blog ini, namun tak ada salahnya saya bahas kembali.

Jika ditanya scale gitar apa yang harus saya pelajari dalam belajar melodi, pentatonik ini adalah jawabannya disamping belajar major modes yang merupakan salah satu dasarnya.

Ada beberapa alasan mengapa kita harus belajar pentatonik scale

1. Mudah untuk diingat

Alasan pertama adalah pentatonik ini sangat mudah diingat, berbeda dengan major modes yang memiliki 7 nada dalam tangga nadanya, pentatonik hanya terdiri dari 5 nada saja.

2. Mudah dimainkan / praktekkan 

Selain mudah diingat, salah satu faktor yang membuat scale ini sering dimainkan adalah karena sangat mudah. Seseorang hanya perlu menggunakan dua jemarinya untuk memainkan scale ini.

3. Bisa digunakan dibanyak lagu

Salah satu keistimewaan scale satu ini adalah dapat digunakan dibanyak jenis aliran musik. Oleh karena itu, jangan takut kapan harus menggunakannya karena pada dasarnya, selalu bisa diselipkan di tengah-tengah solo pada lagu apa saja. 


Latihan pentatonik scale


Artikel ini akan kurang lengkap jika tanpa adanya praktek untuk membuat kita lebih bisa memahami dan mengalami langsung pembelajarannya.

Berikut ini adalah beberapa bentuk/pattern yang bisa kita praktekkan dalam menu latihan kita.

Pada praktek ini, kita menggunakan nada dasar C sebagai nada dasar kita.

pentatonic, scale, pentatonic scale, slashkygitaris, slashgitaris.com

Jika kalian mengalami kesulitan dalam memahami bentuk TAB di atas, silahkan lihat video berikut ini.


Sekian ulasan saya tentang pentatonik scale kali ini semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Sampai ketemu pada artikel-artikel lainnya. 


Salam gitaris

Back To Top type='text/javascript'/>