Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

8 Cara GAUL Agar Kamu Terlihat Mahir Bermain Gitar

8 Cara GAUL Agar Kamu Terlihat Mahir Bermain Gitar

tips bermain gitar, belajar gitar, belajar gitar pemula, motivasi belajar gitar, motivasi gitar,
Ilustrasi sumber

Halo, jumpa lagi di blog Slashky Gitaris blog yang khusus membahas tentang dunia gitar. Kali ini saya akan mensharingkan pada kalian semua bagaimana cara GAUL supaya kamu bisa terlihat mahir bermain gitar walaupun kenyataannya skill bermain gitar kalian mungkin masih pas-pasan. Pertanyaan yang penting di sini adalah  Apakah mungkin dengan skill yang seadanya kita bisa kelihatan jago main gitar? Lalu kira-kira Mengapa kalian harus terlihat mahir bermain gitar? Alasannya sederhana yaitu karena orang yang jago main gitar selalu punya banyak fans lho terutama kaum hawa. (^_^) Oleh karena itu, kalian wajib membaca artikel ini sampai habis untuk menemukan cara terbaik yang bisa kalian terapkan. Wah, cukup menarik ya topik yang akan kita bahas kali ini. Nah, di bawah ini saya akan menjelaskan beberapa poin agar kalian bisa terlihat mahir bermain gitar.

catatan : Cara-cara di bawah ini pernah saya gunakan ketika masih duduk di bangku SMA dengan kemampuan saya yang masih "kacangan".


  • Pilih Lagu yang Mudah

Tentu saja, memainkan lagu yang mudah adalah pilihan pertama dan terbaik yang bisa kalian gunakan untuk "menipu" teman-teman kita. Lagu yang mudah biasanya pasti memainkan chord gitar yang relatif mudah tentu saja akan sangat mudah dimainkan sehingga kalian akan kelihatan mahir walaupun kalian hanya bisa beberapa lagu saja. Percayalah, dengan melihat kemampuan kalian memindahkan kunci dengan cepat dalam setiap lagunya kalian akan terlihat memukau dan akan memunculkan pujian dari teman-teman kalian.

  • Pilih Lagu yang Populer dan Ngetrend

Lagu yang lagi ngetrend, adalah jurus selanjutnya. Membawakan lagu populer akan menunjukkan seberapa jauh kamu menguasai kunci gitar dengan lagu-lagu tersebut. Sehebat apapun kita kalau membawakan lagu yang tidak populer atau yang lagi ngetrend/ngehits  saat ngumpul bareng akan percuma saja. Coba saja misalnya kamu bawakan lagu pop jadul semisalnya Ebiet ketika kamu ngumpul, di jamin banyak diantara mereka yang melongo atau malah bertanya "Lagu siapa tu?" Oleh karena itu, sering-seringlah dengarin radio atau mantengin TV buat liat lagunya siapa atau band mana yang lagi digandrungi saat ini.

  • Bermain Gitar sambil Bernyanyi

Alasan lain membawakan lagu populer adalah dengan membawakan lagu yang lagi hit tersebut, kalian bisa mengajak teman-teman lain bernyanyi bersama. Lebih keren lagi kalau kalian bisa sambil bernyanyi, karena dari beberapa pengalaman saya ketika bernyanyi bareng ada beberapa teman yang bernyanyinya tidak sesuai dengan tempo gitar kita. Entah itu kecepatan atau malah ketinggalan nyanyi. Jadi setidaknya kita harus bisa bernyanyi walaupun suara serak-serak ancur. Selain itu, percayalah dengan bernyanyi bersama, orang tidak akan peduli dengan cara bermain gitar, mereka seakan sudah percaya kalau kamu jago bermain gitar. Mereka akan lupa mengoreksi setiap kesalahan kalian, yang diingat adalah sudah bernyanyi bersama dan pasti suatu saat ingin mengulang momen itu lagi. (ngarep)

  • Sering Gitaran Kalau Kumpul Bareng

Sehebat apapun, sekeras apapun kalian belajar tetapi tidak pernah ditunjukkan kepada orang lain ya sama juga bohong. Kumpul bareng sambil bermain gitar seringkali menjadi ajang untuk pamer (bukan menyombongkan diri lho). Saya sering melihat beberapa orang kumpul lalu bermain gitar biarpun skill tidak terlalu hebat tapi tetap aja akan di bilang hebat oleh temannya yang lain. Tentu saja entah itu karena mereka respect atau karena memang teman yang lain tidak bisa bermain gitar.

  • Tahu Banyak Gitaris Top dan Lagu-Lagunya

Wah, kalau tadi masalah action yang ini lebih ke pengetahuan. Bagaimana ya kalau ada diantara teman kalian ada teman yang baru belajar gitar tapi sudah tahu banyak tentang gitaris dalam negeri maupun gitaris luar negeri. Pasti jauh dalam hati kalian akan mengatakan teman kalian itu orang yang hebat. Bahkan dulu ada lho seorang teman yang bilang, "Selera musiknya aja luar negeri pasti jagolah !" Artinya dari pengetahuan tentang lagu dan album-album luar akan membuat orang segan. Kan gak perlu skill tertentu buat nguasai teknik ini, cukup sering baca lalu cek aja dech lagu dan albumnya. ^_^

  • Selalu Update Event-Event Gitar

Nah ini baru namanya gaul kalau selalu tahu kapan dan dimana ada konser gitar bahkan menghafal guitar clinic gitaris tertentu. Pasti dech, biarpun tidak tahu bermain gitar, orang seperti ini patut kita apresiasi dan segani. "Mas, dimana kita bisa tahu update-update terbaru dari band atau gitaris ini?" Sekarang hampir semua artis punya Official Website jadi kalian bisa cek langsung ke alamat situsnya. Di sana, kalian juga bisa melihat jenis dan setting effect gitarnya. Gampang kan? Jadi tinggal cerita-cerita aja ke teman-teman nongkrong. Dan lihat apa reaksi mereka? Saya aja menaruh respect kok.

  • Ikut Les/Kursus Gitar di Lembaga Terkenal

Yang namanya ikut lembaga atau kursus terkenal pasti berakibat pada cara orang memandang kita. Lembaga ini mampu menaikan reputasi kita sehingga seringkali orang sudah segan jika dihubungkan dengan nama tertentu. Misalnya, itu lho si A ikut les gitar di YAMAHA ! Biarpun pada kenyataannya mungkin si A baru beberapa hari masuk pasti orang secara tidak langsung menganggap si A ini mahir. Iya kan?

  • Utamakan Gaya

Bagi yang putus asa dan sudah mencoba cara di atas tapi tidak berhasil juga, jangan menyerah bro! Saya masih punya senjata terakhir yaitu GAYA. Gak hebat yang penting gaya ! Tips dari saya tentang gaya ini adalah JANGAN PERNAH MEMBAWAKAN LAGU GALAU SAAT PERTAMA KALI MANGGUNG. Tanya kenapa, karena selain kalian belum terbiasa di atas panggung, hal ini akan membuat kalian mati gaya. Solusinya adalah dengan membawakan lagu yang energik sehingga orang akan fokus pada gaya di atas panggung dan tidak terlalu memikirkan salah atau tidak. Kalian bisa loncat ke sana kemari atau setidaknya jalan-jalan sambil menganggukkan kepala. Gaya itu penting, terutama di atas panggung karena pada saat itu semua mata tertuju pada kita.

Kesimpulan :

Akhirnya kita sampai pada kesimpulan, ternyata ada beberapa cara agar kalian terlihat mahir bermain gitar biarpun kalian masih dibilang pemula dalam bermain gitar. Membawakan lagu yang populer (ngetrend) yang memiliki kunci yang mudah adalah pilihan terbaik. Alangkah lebih baik lagi jika kalian bisa bernyanyi saat kalian kumpul bareng. Selain itu sering-seringlah browsing di internet untuk mendapatkan informasi terbaru dari gitaris dalam maupun luar negeri termasuk juga biografi, jadwal tour, klinik gitar, jenis dan settingan efek gitar, lagu terbaru bahkan lagu-lagu mereka yang populer. Jika ingin lebih serius, ikutlah kursus di lembaga terkenal dan terakhir adalah jangan lupa bergaya di atas panggung. Kalian punya tips yang lain? Silahkan sharing di kolom komentar


Back To Top type='text/javascript'/>