Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

...

Chord Gitar Iwan Fals Lagu Doa Pengobral Dosa, Sejarah dan Interpretasi Lirik Lagu

Chord Gitar Iwan Fals Lagu Doa Pengobral Dosa, Sejarah dan Interpretasi Lirik Lagu

Slashkygitaris.com - Dalam dunia musik Indonesia beberapa lagu memiliki kedalaman lirik dan melodi yang tak lekang oleh waktu. Salah satunya adalah lagu Doa Pengobral Dosa karya Iwan Fals. Lagu ini tidak hanya menyuguhkan melodi yang indah namun juga memiliki pesan moral yang mendalam.

Sejarah Lagu Doa Pengobral Dosa

Lagu Doa Pengobral Dosa merupakan salah satu masterpiece dari Iwan Fals. Sebagai lagu yang menampilkan perpaduan antara lirik puitis dan melodi yang mengalun indah tak heran jika lagu ini menjadi salah satu yang iconic di era-nya. Namun apa sebenarnya kisah di balik penciptaan lagu ini?

Dalam proses kreatifnya Iwan Fals kerap kali terinspirasi dari realitas sosial yang terjadi di sekitarnya. Demikian juga saat beliau menciptakan Doa Pengobral Dosa. Lagu ini mencerminkan refleksi mendalam tentang manusia dan hubungannya dengan dosa serta pertobatan. Saat pertama kali dirilis lagu ini mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat. Popularitasnya skyrocketing dan mengukuhkan posisi Iwan Fals sebagai salah satu maestro musik Indonesia.

Chord Gitar Lagu Doa Pengobral Dosa

Untuk kalian yang berkeinginan memainkan lagu ini dengan gitar tentu memerlukan chord-chord dasar yang digunakan. Sayangnya kita tidak dapat menyajikan chord secara lengkap di sini karena hak cipta. Namun kalian dapat dengan mudah menemukannya di berbagai sumber musik resmi.

Intro - A - F#m - 2x
E
- D - E - A

A           
-          E                        -
disudut dekat gerbong yang tak terpakai
     F#m     
-     E                -
perempuan bermake-up tebal
D      
-      A            -
dengan rokok ditangan
E     
-       D   -  A
menunggu tamunya datang

##

A     
-     E
berpisah dari ramai
F#m     
-    E
berteman nyamuk nakal
D      
-      A
dan segumpal harapan
E    
-    D   -     E      -     A            -
kapankah datang tuan berkantong tebal

reff -

F#m       
-        E                    -
habis berbatang-batang tuan belum datang
- F#m        -        E
dalam hati resah menjerit bimbang
D     
-     A   -   D     -    F#m
apakah esok hari anak-anakku dapat makan
E     
-     D   -   E    -   A
oh tuhan beri setetes rejeki

A     
-     C#m    -      F#m
dalam hati yang bimbang berdoa
A      
-     C#m    -    F#m
beri terang jalan anak hamba
     D   
-   E -  A
kabulkanlah.. tuhan

Int - A
- E - F#m - E
      D
- A - E - D - A

Kembali ke - #
# - reff

Baca JugaChord Gitar Kumenanti Seorang Kekasih

Memainkan chord gitar tentu memerlukan teknik dan perasaan. Untuk pemula sangat direkomendasikan untuk memulai dengan chord dasar dan berlatih dengan konsisten. Menggunakan metronome saat berlatih dapat membantu kita untuk memainkan ritme dengan benar. Selain itu mendengarkan lagu aslinya sambil bermain gitar dapat membantu dalam memahami nuansa dan emosi lagu tersebut.

Interpretasi Lirik Lagu Doa Pengobral Dosa

Di balik setiap lirik lagu yang ditulis oleh Iwan Fals terdapat pesan mendalam yang ingin disampaikan. Lagu Dalam Doa Pengobral Dosa kita diajak untuk merenungkan makna dosa pertobatan dan harapan akan keampunan. Lirik-liriknya mengajak pendengar untuk merenung dan introspeksi diri.

Lagu Doa Pengobral Dosa bukan sekadar lagu namun menjadi refleksi budaya dan perasaan kolektif masyarakat di era tersebut. Keabadian lagu ini menunjukkan betapa besarnya pengaruh Iwan Fals dalam budaya musik Indonesia. Sebagai generasi saat ini kita diajak untuk terus menghargai dan menjaga warisan musikal bangsa. Sebuah lagu bisa lebih dari sekedar hiburan; ia bisa menjadi cermin jiwa dan aspirasi sebuah bangsa.

Baca Juga : 

Tag : chord gitar
Back To Top type='text/javascript'/>