Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

...

Ingin Belajar Gitar Tanpa Guru? Mulailah dengan Ini

Ingin Belajar Gitar Tanpa Guru? Mulailah dengan Ini
Sourch : Youube

Dulu saya pernah memiliki guru piano dan sekarang sedang belajar biola dengan seorang guru. Namun, untuk sebagian besar waktu, saya belajar bermain gitar sendiri. Ketika saya bilang "untuk sebagian besar waktu", maksud saya adalah teman dari teman keluarga menunjukkan cara bermain A dan D kepada saya. Itu adalah dua kunci pertama yang saya pelajari.

Saat itu, teman saya ada di samping dan kemudian pada hari itu ketika kami pulang, kami menulis sebuah lagu dengan dua kunci itu sebelum akhirnya tidak tahan lagi untuk bermain. Butuh tiga hari lagi sebelum saya bisa bermain lagi, jari-jari saya sangat sakit. Tentu saja, perubahan kunci lambat di awal, tapi kami berhasil.

Hari itu memulai perjalanan gitar saya dan memberi saya awal yang saya butuhkan untuk mempelajari keterampilan yang saya miliki saat ini. Selain setengah jam itu, saya belajar sendiri dengan sedikit koreksi dari pemain gitar yang lebih berpengalaman. Jadi, saya tahu dengan pasti bahwa Anda bisa belajar bermain gitar tanpa guru.

Ini memerlukan disiplin, konsistensi, dan kesabaran. Semua kerja keras itu akan terbayar, segera Anda akan memiliki banyak kesenangan dalam memainkan lagu-lagu yang Anda sukai dan bahkan menulis lagu Anda sendiri.

Mengapa Belajar Gitar Tanpa Guru?

Pertama-tama, saya tidak ada masalah dengan les gitar. Les gitar bisa sangat membantu, dan tentunya jika Anda kesulitan melewati tingkat bermain tertentu, seorang guru gitar dapat membantu dengan melihat apa masalahnya dan membantu memperbaikinya. Guru gitar juga menyusun pelajaran mereka dengan cara yang akan membantu Anda berkembang secara logis.

Namun, les seringkali juga mahal. Ini tidak berlaku untuk setiap guru atau sekolah musik, tetapi sulit untuk menemukan guru yang terjangkau. Terutama jika Anda telah menabung untuk waktu yang lama untuk membeli gitar dan sekarang kekurangan uang.

Bermain gitar bisa sangat sulit ketika Anda mencapai level keterampilan yang lebih tinggi. Tetapi Anda bisa bermain cukup baik, bahkan tanpa les, setidaknya hingga level menengah. Dan jika Anda tekun dan berlatih secara konsisten, mungkin saja menjadi seorang gitaris hebat dan memainkan lagu-lagu canggih atau menulis lagu sendiri dengan teknik-teknik canggih, bahkan tanpa guru.

Itu hanya tergantung pada cara Anda belajar yang lebih baik. Tetapi jangan biarkan uang atau akses ke guru menjadi hal yang menghambat Anda.

Berikut adalah beberapa tips untuk memulai sendiri.

Kamu bisa belajar gitar dengan mudah lewat YouTube, nih. Kalau kamu lebih suka belajar dengan cara nonton, YouTube bisa jadi sahabatmu. Ada banyak situs les gitar yang juga punya video di YouTube. Yang seru, kamu bisa belajar gratis!

Cari aja dengan kata kunci yang sesuai, nanti bakal muncul banyak video pilihan. Berikut ini beberapa pilihan yang bisa kamu coba sesuai dengan level kemampuanmu:

Guitareo

Belajar bermain lead dan rhythm gitar dengan cara mudah dan bagaimana cara memperbaiki suara yang dihasilkan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa belajar bermain jazz, blues, dan country.

Paul Davids

Ingin meningkatkan kemampuanmu dalam bermain gitar? Kamu bisa belajar dari Paul Davids. Walaupun beberapa materinya cukup rumit, kamu masih bisa menemukan beberapa tips mudah yang bisa langsung diaplikasikan. Semakin kamu berlatih dan semakin mahir, pasti akan banyak hal bagus yang bisa kamu pelajari dari video-video ini.

Untuk kamu yang butuh bantuan meningkatkan teori musik, cek video-video milik Rick Beato. Dia punya seri video "What Makes This Song Great" yang bisa membantu kamu memahami bagaimana membuat lagu yang keren.

Ada banyak artikel di Beginner Guitar HQ yang bisa membantu kamu belajar gitar. Kalau kamu pengen belajar chord, coba cek basic guitar chords. Kalau kamu pengen main jazz, ada jazz chart yang bisa membantu kamu meningkatkan skill.

Cobalah belajar beberapa beginner guitar licks untuk memulai. Yang paling penting, mainkan musik genre yang kamu sukai. Pastinya bakal lebih mudah sukses kalau kamu menikmati apa yang kamu mainkan.

Kalau mau mencari sumber belajar gitar online lainnya, kamu bisa cek Best Online Guitar Lessons. Di sana kamu bisa temukan situs seperti Guitar Tricks, JamPlay, TrueFire, Justin Guitar, dan lain-lain. Ada situs yang gratis dan berbayar, dan ada yang cuma kasih pelajaran dasar gratis tapi untuk pelajaran yang lebih advanced kamu harus bayar. Kadang-kadang sumber daya-nya juga bayar, tapi ada juga yang gratis.

Saya sendiri suka banget dengan Justin Guitar kalau pengen belajar hal-hal yang baru buat saya.

Kalau kamu pengen cari situs belajar gitar online sendiri, tinggal search aja "online guitar lessons". Tapi pastikan situs yang meminta bayaran itu terpercaya dan worth the money-nya.

Aplikasi Belajar Gitar

Belajar bermain gitar dari ponsel Anda. Saya telah mencoba aplikasi Melodiq serta Yousician. Sejujurnya, menurut saya, Yousician lebih baik, terutama dalam hal waktu. Anda pasti akan belajar bermain secara tepat waktu, keterampilan yang sangat berharga, terutama saat bermain dengan orang lain.

Namun, saya ingin menekankan bahwa, meskipun aplikasi ini bagus, melihat tabulatur yang disorot atau bola ping pong yang memantul di atas tabulatur itu terlalu menegangkan. Saya tertawa pada diri sendiri saat menulis ini, tetapi ini tidak cocok dengan gaya belajar saya. Saya jauh lebih baik dalam mengambil akord atau tabulatur dari aplikasi seperti Ultimate Guitar dan belajar lagu dengan cara itu.

Selain itu, aplikasi-aplikasi ini juga akan melatih kecepatan jari, akurasi, teknik strumming, dan teknik memetik.

Buku Belajar Gitar

Ini adalah cara saya belajar. Ketika saya mulai bermain gitar, saya tidak memiliki akses mudah ke internet. Jadi saya pergi ke perpustakaan dan meminjam beberapa buku. Itulah cara saya belajar memainkan akord dan membaca tabulatur, serta memainkan musik lembaran pada gitar.

Anda dapat mencoba sesuatu seperti Guitar Exercises for Beginners: 10x Your Skills in 10 Minutes A Day oleh Guitar Head atau Guitar: The First 100 Chords for Guitar: How to Learn and Play Guitar Chords: The Complete Beginner Guitar Method oleh Bapak Joseph Alexander.

Coba kunjungi toko musik di daerahmu, mungkin kamu bisa menemukan buku gitar di sana jika lebih suka berbelanja secara langsung. Atau, jika tidak keberatan dengan cara yang tradisional, dan kamu memiliki akses ke perpustakaan, kamu bisa meminjam buku gitar secara gratis.

Kamu juga bisa menemukan buku lagu dari musisi favoritmu secara online, di toko alat musik, bahkan di perpustakaan.

Bermain dengan Orang Lain

Ini terdengar menakutkan jika kamu baru memulai. Itu sepenuhnya dimengerti. Sebaiknya, pelajari beberapa akor dan mencapai titik di mana kamu dapat mengubah akor dengan cepat. Ini harus membantu meredakan rasa gugupmu. Namun, bahkan jika kamu masih sedikit lebih lambat dalam mengubah akor, kamu masih bisa mendapatkan manfaat dari sesi bermain musik bersama.

Kamu akan memperoleh keterampilan dari orang lain, merasakan musik, dan belajar menjadi kreatif jika keterampilanmu masih sedikit kurang. Pengalaman ini sangat berharga. Beberapa tempat memiliki sesi bermain musik massal di mana kamu bisa menemukan orang dengan tingkat keterampilan serupa denganmu untuk bermain bersama.

Sebagai pemula gitar, di beberapa bulan pertama, temanku dan aku sering bermain bersama. Kami akan mendapatkan buku lagu dan bernyanyi bersama sambil memainkan akornya. Seperti yang disebutkan, terkadang kami menulis dan memainkan lagu kami sendiri.

Ya, bermain dengan teman pemula bisa membuatmu mengembangkan kebiasaan buruk, tetapi itulah di mana buku, situs web, dan YouTube berguna. Jangan biarkan apa yang saya katakan tentang kebiasaan buruk membuatmu enggan. Sangat menyenangkan bermain dengan teman dan membuat musik bersama. Dan tergantung pada teman dan kepribadianmu, ini juga bisa kurang memalukan daripada bermain di depan orang asing atau dengan orang asing.

Cobalah juga bermain dengan orang yang lebih berpengalaman jika kamu memiliki kesempatan. Setelah memainkan gitar selama beberapa bulan, saya memutuskan untuk mulai bermain di gereja. Tidak saat layanan pertama-tama, tetapi hanya bermain musik bersama pemain musik lain pada malam Jumat.

Pada salah satu malam itu, salah satu gitaris yang lebih berpengalaman mengatakan bahwa saya memainkan akor G dengan salah dan menunjukkan cara yang benar. Saya tidak pernah melupakannya, dan itu baru saja terjadi sekitar 15 tahun yang lalu.

Belajar Berbagai Teknik Melalui Lagu

Belajar skala dan arpeggio sangatlah penting. Ada banyak latihan yang dapat meningkatkan ketangkasan dan kekuatan jari tangan kita. Namun, latihan tersebut seringkali membosankan. Arpeggio (yang pada dasarnya memainkan nada chord satu per satu) memang terdengar musikal, tapi beberapa latihan dan skala terdengar kurang enak didengar.

Cara terbaik untuk mempraktikkan hal ini dalam situasi dunia nyata adalah dengan memainkan lagu-lagu. Dengan memainkan lagu, kamu bisa melihat bagaimana nada-nada saling berhubungan, bagaimana kamu bisa mencampurnya untuk menciptakan melodi. Kamu akan belajar berbagai efek dan teknik dengan menirukan cara bermain yang dilakukan oleh para artis dalam lagu-lagu tersebut. Mencoba menyesuaikan tempo (mulai pelan) akan membantumu dalam mengubah chord dan memetik.

Yang terpenting, kamu akan merasa senang dan dengan cepat, kamu bahkan bisa mengembangkan gaya bermainmu sendiri.

Namun, ini bukanlah sebuah izin untuk mengabaikan skala, arpeggio, dan latihan lainnya untuk kedua tangan kita saat memainkan gitar. Latihan tersebut penting, dan sangat membantu. Namun, masukkan juga lagu-lagu dalam latihanmu sehingga kamu bisa melebarkan cakrawalamu dan mulai membangun repertoar.

Sabarlah

Sekarang kamu sudah tahu semua cara praktis untuk belajar bermain gitar sendiri, kamu juga perlu mempersiapkan dirimu secara mental.

Kamu harus berlatih secara konsisten. Sebaiknya setiap hari. Jika yang kamu mampu hanya 10 menit, itu lebih baik daripada tidak sama sekali. Kamu juga akan membangun kulit keras pada jari-jarimu sehingga ketika kamu bermain lebih lama, jari-jarimu tidak akan terlalu sakit bahkan tidak sakit sama sekali.

Belajar alat musik membutuhkan waktu. Jangan membandingkan dirimu dengan orang lain. Tetap saja latihan. Dan latihanlah dengan baik. Latihan yang sembarangan akan menghasilkan permainan yang sembarangan juga.

Salah satu hal terbesar yang dapat menghentikan musisi pemula adalah harapan dan tujuan yang tidak realistis. Dan juga rasa takut. Jadi bersabarlah dengan dirimu sendiri, berlatih secara teratur, dan ketika kemampuanmu semakin meningkat dan berkembang, kamu akan bermain dengan lebih percaya diri.

Tips Tambahan

  • Berlatih dengan metronome, ketidaktepatan waktu dapat merusak sebuah lagu
  • Berlatih kedua teknik rhythm dan lead guitar untuk menjadi gitaris yang berpengetahuan luas
  • Jangan takut untuk bernyanyi dan bermain
  • Gunakan jari kelingkingmu, kadang-kadang itu sangat diperlukan dan butuh waktu untuk menjadi lebih kuat
  • Tetaplah positif, fokus pada hal negatif dapat menyeretmu ke bawah dan membuatmu berhenti bermain, satu-satunya cara untuk menjadi lebih baik adalah dengan terus berlatih
  • Berlatih dengan atau tanpa pick (plectrum)
  • Temukan lagu-lagu dalam level kemampuanmu untuk berlatih teknik tanpa membuatmu putus asa

Setelah kamu menguasai suatu level, pindah ke level berikutnya (dan bersabarlah dengan dirimu sendiri) tetapi jangan sepenuhnya mengabaikan dasar-dasar hanya karena kamu sudah menguasainya, kemampuan juga bisa dilupakan.

Nah, gitu dong. Jangan berpikir kamu enggak bisa belajar main gitar cuma karena nggak punya akses les formal atau lebih suka belajar sendiri.

Ada banyak sumber daya, baik gratis maupun berbayar, yang bisa kamu manfaatkan untuk memulai belajar. Latihan secara teratur, latihan dengan serius, dan kamu akan segera bisa main lagu-lagu yang kamu suka. Meski banyak orang bisa main hal-hal sederhana dalam waktu seminggu atau dua minggu, mungkin butuh waktu lebih lama dari itu.

Santai aja dengan diri sendiri. Pasti akan ada kemajuan setiap minggu atau dua minggu dengan latihan yang konsisten. Meski kamu cuma punya waktu 10 menit sehari, itu lebih baik daripada nggak latihan sama sekali.

Jangan lupa cek Beginner Guitar HQ untuk lebih banyak materi yang bisa memperkaya dan mempermudah pengalaman belajarmu. Yang paling penting, jangan lupa bersenang-senang!

Back To Top type='text/javascript'/>