Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

...

Berapa lama sih senar gitar mesti diganti?

Berapa lama sih senar gitar mesti diganti? 

Halo para gitaris, masih bermain gitar dengan kord-kord dasar sampai senarnya berkarat dan lilitan dawai kecilnya terlepas?


Pertanyaan: Berapa lama senar gitar harus diganti?
A: Relatif. Tergantung beberapa hal. Pertama, durasi pemakaian gitar. digunakan tiap harinya. Sebagai contoh, saya yg rata-rata sehari 3 jam memainkan gitar, biasanya dalam sebulan kualitas bunyi senar mulai meluruh. Berarti sekitar 90 jam masa pakai.
Kedua, tergantung campuran material yg digunakan. Bisa jadi ada tipe senar yg masa pakainya kurang dari itu, tapi mungkin ada juga yg lebih awet. Biasanya produsen membuat aneka seri untuk memenuhi kebutuhan gitaris akan keragaman karakter sound, karakter interaksi fisik senar-jari, juga harga.
Ketiga, tergantung jenis permainan gitarnya. Permainan solo gitar klasik/fingerstyle akan lebih cepat meluruhkan senar --karena lebih banyak not terpakai pada semua senar dan sebagian besar fret. Beda bila dibanding penggunaan untuk sebagai pengiring chord saja.
Q: Senar (nilon) apa yg paling bagus?
A: Tidak ada jawaban yg pasti karena tiap merek punya keunggulan berbeda satu sama lain. Dengan menjajal beberapa merek barulah gitaris akan menemukan mana yg paling cocok baginya. Ini ditentukan oleh gaya dan teknik permainannya, juga karakter dan kualitas gitarnya.
Secara umum tipe senar nilon dibedakan dari campuran bahan, ketebalan diameter (gauge), dan tegangan (tension). Semua itu berpengaruh pada volume, proyeksi, tone colour, sustain, playability, dan harga.
Berdasar tension-nya ada low, medium/normal, dan hard. Ada juga merek yg memproduksi extra-hard tension.
Saya sendiri lebih suka yg medium tension. Tidak terlalu lunak, tidak terlalu keras, bagi tangan kiri maupun kanan.
***

source: FB: JubingKristianto
Back To Top type='text/javascript'/>