Belajar Gitar, Kunci Gitar, Melodi Gitar paling lengkap ada di sini

Metronome membantu menjaga irama kehidupan

tips bermain gitar, berlatih gitar, metronome, belajar gitar,
Gitar dan Metronome

Metronome membantu menjaga irama kehidupan


Halo-halo !!! Salam pagi semua. Melihat judul kali ini sepertinya kita akan membahas sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan. Jika dalam postingan terdahulu saya pernah membahas tentang mengapa kita harus berlatih dengan metronome (baca di sini) kali ini saya akan membahas lebih jauh lagi tentang manfaat berlatih dengan metronome dalam kehidupan kita. Apa saja dampaknya kalau kita berlatih dengan metronome? Apa saja kesamaannya? Inilah yang akan saya ulas sebagai tema tulisan saya kali ini. Dalam hal ini, saya menulis berdasarkan apa yang saya pikirkan tentang kelebihan dan kekurangan yang lain mungkin bisa para pembaca bisa tambahkan.

Nada dan irama sejatinya tidak bisa terlepas dari  kehidupan manusia itu sendiri bahkan suara detak jantung ibu yang kita dengar pertama kali dalam kandungan adalah suara yang membentuk irama. Ini adalah irama yang pertama kali bisa kita tangkap walaupun saat itu kita belum mengerti.

Seiring berjalannya waktu, kita mendengarkan irama-irama yang lain yang jauh lebih beragam dan kompleks. Langkah kaki kita saat kita berjalan bahkan aktivitas kita sehari-hari dapat menimbulkan irama tertentu. Tetapi kadang-kadang muncul pertanyaan atau bahkan masalah tersendiri bagaimana kita menjaga irama kehidupan kita? Atau apakah irama kehidupan saya sudah tepat? Mungkin teman-teman punya jawaban masing-masing tapi di sini saya mencoba menghubungkannya dengan sesuatu yang bernama "Metronome."

Sekilas kelihatan tidak ada kaitannya antara irama kehidupan dan metronome yang mungkin hanya di ketahui oleh orang yang belajar musik. Hmmm, pertama-tama kita harus sama-sama setuju bahwa musik ada kaitannya dengan kehidupan. Tiap hari kita pasti tidak asing dengan yang namanya musik bukan? Walaupun selera musik kita berbeda-beda tetapi secara umum semua orang menyukai musik, setidaknya pada saat tertentu kita bisa berlama-lama mendengarkan musik. Kalau begitu dapat kita simpulkan musik itu punya andil yang besar dalam hidup kita termasuk mempengaruhi emosi, pikiran serta perasaan.

Bila di atas adalah gambaran manfaat musik secara umum maka sekarang kita bahas manfaat musik "bagi" kita yang belajar musik khususnya  belajar gitar. Belajar jenis musik apa pun pasti punya patokan atau acuan tertentu salah satunya adalah menguasai tempo dari sebuah lagu yang akan dimainkan. Untuk menguasai tempo ini wajib yang namanya berlatih dengan menggunakan metronome. Metronome adalah sebuah alat yang dibuat khusus untuk kita berlatih menguasai tempo tertentu. Lalu hubungannya dengan irama kehidupan seperti yang saya jelaskan di atas bagaimana? 

Berikut beberapa manfaat belajar metronome sekaligus hubungannya dengan kehidupan kita.

#1 Melatih koordinasi


Tidak bisa dipungkiri bahwa berlatih dengan metronome adalah melatih koordinasi antara tangan kiri dan tangan kanan. Perhatikan beberapa teknik seperti Sweep Picking dan Alternate Picking menuntut kita menjaga koordinasi antara keduanya. Dalam kehidupan kita pun kadang-kadang dibutuhkan koordinasi antara beberapa bidang yang berbeda. Misalnya kalau kita di sekolah kita tidak cukup hanya terampil bidang berolahraga saja tetapi juga harus diimbangi dengan bidang akademis yang lain juga. Bagi musisi kelas atas ini terlihat dari bagaimana mereka berkoordinasi membentuk sebuah karya yang luar biasa. Koordinasi di sini bisa juga dikatakan sebagai keseimbangan antara satu dengan yang lain. Belajar metronome memungkinkan kita berlatih menyeimbangkan beberapa aspek dalam kehidupan kita.
  

#2 Melatih konsistensi


Yang satu ini jelas kelihatan, sebab pada dasarnya metronome dirancang dengan pola tertentu dan pola itu konsisten. Maksudnya jarak/lama waktu ketuk pertama dan kedua serta selanjutnya itu sama. Mungkin konsistensi inilah yang kadang membuat kita bosan berlatih menggunakan metronome tapi tanpa kita sadari ini merupakan inti dari latihan kita. Mengapa? Karena seperti konsistensi terhadap tempo tertentu, kita juga dituntut untuk konsisten dalam berlatih. Sebenarnya di sinilah letak perbedaan seseorang berhasil atau tidak. Pertanyaannya adalah udah konsisten atau belum latihannya? Ingat tanpa berdedikasi untuk sesuatu tertentu berarti siap untuk menjaga konsistensi.

#3 Melatih fokus


Fokus adalah hal yang penting saat kita berlatih dengan metronome sebab kita harus fokus mendengarkan dan sekaligus mengkoordinasikan tangan kiri kanan dan tangan kanan dalam waktu yang bersamaan. Bila kalian berlatih membaca not balok akan lebih fokus lagi karena mata,telinga dan kedua tangan harus benar-benar berkoordinasi dengan baik. Dalam kehidupan, jelas fokus akan membantu kita menentukan kemana arah yang harus kita ambil dan tidak hanya itu dengan fokus membantu kita melihat mana yang harus kita dahulukan sehingga tingkat keberhasilannya akan jauh lebih besar. 

#4  Melatih kesabaran


Melanjutkan poin nomor 2, karena konsistensi itu kadang-kadang membosankan maka dibutuhkan kesabaran. Umumnya berlatih metronome pasti di awali dengan tempo yang lambat dan tentu saja seperti membuang waktu kita. Nah, di sinilah kesabaran kita di uji. Bermain gitar bukan tentang seberapa cepat kalian bermain sehingga mengesampingkan kesempurnaan bermain itu sendiri. Sempurna di sini dapat diartikan akurasi dan bersih tidaknya seorang bermain. Begitu dengan kehidupan kita, kadang-kadang kita harus bersabar dalam beberapa hal. Karena mungkin saja ada puzzle yang belum kita lengkapi sehingga kita harus melengkapinya dulu dan tidak semuanya dapat dilakukan dengan cepat. Sekali lagi dibutuhkan kesabaran.

Itulah 4 poin yang bisa saya sharingkan kepada teman-teman pembaca semua. Jadi, kesimpulannya berlatih dengan menggunakan metronome juga berpengaruh terhadap bidang kehidupan kita yang lain. Ini juga berdampak bagaimana manfaat tadi memungkinkan kita memberi irama, menjaga bahkan membuat irama kehidupan kita lebih tampak dan dapat kita arahkan sebagaimana yang kita inginkan. Entah kita sadari atau tidak. Nah, bagi teman-teman yang masih kurang mengerti bagaimana cara berlatih dengan menggunakan metronome, silahkan baca di sini.

Nah, mungkin sekian dulu tulisan saya kali ini. Kalau ada koreksi atau ide-ide yang lain, yuk silahkan sharing di bagian komentar pada postingan ini.

sumber gambar: di sini
Back To Top type='text/javascript'/>